Get your own Digital Clock

Senin, 23 April 2012

Beberapa Pertanyaan dari para penyimak

Ini merupakan ringkasan dari beberapa pertanyaan yang menyimak tentang pembahasan permasalahan mahasiswa di tulisan saya sebelumnya

Q: Kak bagus nya sekarang kuliah apa ya?
A: hmm.. kuliah bukan bahan ringan yang begitu aja kita bisa seenak nya asal pilih. pertama sesuai dengan BAB 1, kita lihat dari depan dlu. Kita mo jadi apa dlu? trus kira2 untuk jadi Itu kita harus masuk jurusan apa ya? nah klo uda, kita liat, mampu gak kita disitu, klo memang bakat lanjutkan. tapi kalo kurang bakat, saran gw usahain yang sesuai bakat ente. tapi yang real masa depan nya. ngerti kan? mau jadi koki jg asal srius jg gpp.. MAHASISWA = GENERASI MUDA PEMBERANI, PINTAR, CERDIK, INTEGRITAS TINGGI, BERJIWA PEMIMPIN, DAN KREATIF.



Q: Kak, gmana bagi waktu?
A: gini sob.. kalau, ortu masi bisa bantu kita kuliah. plis mohon maaf stop dlu kerjaan ente.. apa lagi menyita waktu sedemikian panjang ( 12malem-10pagi ). bukan kenapa2 tapi gw yakin otak lu gak akan maximal bekerja nya tanpa istirahat yg tepat. Tapi kalau or-tu uda "RIP" atau gak mampu membiayai.. bole lah kerja tapi jangan yg menyita waktu besar. usahain cari kerjaan di lingkungan kampus lagi. coba bicarakan dengan dosen pembimbing. dana kuliah bisa di potong dari negara dan beasiswa kampus.



kalau masi ada pertanyaan.. bole PM, atau tulis disini.. saya akan cek koq.. dan akan kasi solusi.. mohon di simak baik2.. kalau ada jawaban yang kurang berkenan, boleh kasi solusi lain, atau melawan argumen saya. saya terima dengan sangat hormat.



ya mari kita lanjutkan kuliah umum nya....



Q: Manajemen finansial anak kampus gmana kak?
A: wah, pertanyaan bagus, coz jadi mahasiswa g bole ngeberatin orang tua scr berlebihan. memang sih awal2 agak susah, kecuali lu dah ngekos dari sma. makanya dari sma harus mandiri yaaa... jgn bentar2.. "mah.. pngen itu..", "pak.. beliin mobil", apa2 ortu.. huft.. dalam hati ortu, tetep berharap anak nya berubah setelah di manjain, tapi itu SALAH! (klo anak ny g mau berubah) nih tips nya: ( tq buat echo off dah bantu, sedikit di bawah ada ilham dari kak echo off )



1. lakukan smua nya secara terjadwal. dan renungkan. contoh: mau beli buku C hari selasa, harga sekian, naik angkot A. kita renungkan apa harus beli buku, atau fotocopy lebih murah. trus, ternyata hari senin ada tmen mo fotocopy buku C, ya lu nitip aja ke dia. ya poko nya jadi mahasiswa di tuntut berpikir mandiri dan terarah.



2. TERATUR. makan teratur. mandi teratur. mau melakukan apa-apa teratur. sehingga kita bisa mematok pengeluaran dan sisa uang di depan hari.



3. Kerja part time di lingkungan kampus. jadi asdos, ato sebagainya. usahain di kampus ber-relasi sebanyak-banyaknya. sehingga memudahkan dalam hal ini. tapi klo di luar lingkungan kampus, agak berat, apalagi kalau jauh dari kosan+kampus. cari part time yang gak menyita waktu dan tenaga. dlu part time gw: foto copy campus(semingu, 1 hari nya 1jam aja), kerja di IT kampus(seinget gw 1 hari aja dan cuman 2jam), asdos(1minggu 1xpertemuan 1sks), perpus kampus(tiap hari, tapi cuman catet buku apa yg di pinjem per jam sekian s/d jam sekian, trus selesai), latih taekwothai boxing di skitar kosan(3xseminggu sore2 ceria), latih les anak smp-sma



4. cari barang2 yg perlu tapi ekonomis. kita kan butuh modem internet tapi, cari yg unlimit tp bayar ny sgitu2 aja. (itu klo kita makai internet sering bgt, tapi klo gak sering mending pake yg bayar tarif sesuai penggunaan). pake pakaian yg sopan, g perlu mahal (dari pada sok2 mahal, tapi sminggu gak ganti2, pilih mana?).



5. hindari perilaku boros. GAME ( kebiasaan paling berbahaya klo berlebihan. gara2 game, hampir anjlok nilai bbrapa mata kuliah gw ), ngemil berlebihan, rokok ( huft.. terpaksa mengakui klo roko itu boros ), hindari traktir2 berlebihan, hindari ajakan tmen2 yg kira2 bakal ngluarin biaya banyak ( co: dugem.. klo gw sih skali2 pernah hehe.. ), pacaran gak sehat (pacaran bole, tp kt jd cwo jgn alay, sok2 kaya, cwe di koleksi, sok2 nraktir. trus klo lu punya cwe matre, ya tinggal aja, toh klo kita berhasil kita bisa milih, inget jadi cwo jgn alay! jd g ada alasan, "dia cantik bro", "dia bohay bro"



6. NABUNG tapi gak pelit.



Q: berapakah persentasi tingkat kebutuhan notebook ( jur. Tek. informasi ) saya masih calon mahasiswa kok.. kalo misalnya persentasinya rendah,lebih baik saya tabung untuk kebutuhan saya kedepannya..
A: wah niat ny bagus, pasti kamu kelak jadi orang kaya. karna berpikiran kedepan. amin. Nah, membahas note book. sekarang teknologi semakin maju, wajar klo kita mikir notebook. nah, notebook banyak koq yang murah diluar sana dan asli. sebaik nya lu konsultasi ama kakak mahasiswa di atas lu, dan liat mata kuliah di semester2 nya, apakah membutuhkan fasilitas notebook. gw kurang tau nih sob, klo jurusan tek.informasi. gw kuliah jurusan telekomunikasi sih.. hehe..



Q: ane kan lulusan SMK - Bisnis dan Management mending KA ato TI yah ?? KA lanjutin dari sekolah TI ini yg ane mau tempuh
A: satu hal deh sob, lu ngrasa mampu dimana? trus prospek kita kedepan di jurusan itu kira2 bagus gak? 1. klo gak suka jurusan, gak sesuai bakat usahain berfikir sperti ini: - ortu kita maksa(bukan maksa ya, hm.. bentuk kepedulian ortu sebenrnya)masuk jur.dokter. "aduh,, jurusan dokter kan mumed, saya kan jago nya cuman itung2an" tapi saya tau, "wah klo jd dokter kan no pensiun, trus gaji gede, dan pekerjaan mulia". Biar susah kuliah, walaupun g suka, usahain bayangkan kedepannya.



Ingat: pahala besar menanti, kelak jika apa yang dikatakan nya kau turuti, dan kau berhasil berkat caranya. betapa bahagia nya ortu kelak di kemudian hari.



2. klo suka dengan jurusan nya, dan masa depan nya mnurut kamu bagus, SIKAT GAN!!



Q: aku pake sistem SKS kaka. jadi dia dah nentuin gitu. gk bisa pilih2. gmana?
A: kalau sampai, kamu gak bisa milih mata kuliah, brarti bisa di bilang kuliah kamu normal. atau pas2an. kalau gw, di perbolehkan tiap semester nambah bbrapa sks. itulah yg di sebut "kumlod" wkwkwk.. lulus cpat, nilai bagus. terbukti kan, IP kamu trun. jgang patah harapan, tetep berjuang, 3,7 itu sudah bagus, buat kerja sekarang 4,2 stau gw


KETERANGAN:
Q= QUESTION
A= ANSWER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

saya hanya seorang manusia yang sedang belajar membuat blog saran dan kritik tolong ya hehe