Get your own Digital Clock

Minggu, 03 Oktober 2010

TUGAS Pengantar Bisnis (2 oktober 2010)

TUGAS 1

1. Jelaskan pengertian bisnis
    Jawab: Bisnis adalah semua aktivitas ekonomi, seperti penyedia barang & jasa, produksi, pembelian, penjualan serta pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan.

2. Jelaskan perbedaan bisnis dengan kegiatan non bisnis
    Jawab: Perbedaan terletak dari segi ekonomi, yaitu dimana bisnis bertujuan untuk mendapatkan hasil atau laba, sedangkan kegiatan non bisnis bertujuan tidak untuk mendapatkan hasil atau laba.

3. Jelaskan pengertian kesempatan bisnis
    Jawab: 1. Celah antara apa yang ingin di beli oleh masyarakat dan apa yang di tawarkan oleh bisnis-bisnis yang sudah ada
                 2. Kegiatan bisnis yang dapat anda jalankan yang di sukai oleh masyarakat

4. Jelaskan manfaat mempelajari bisnis
    Jawab: 1. Memahami apa yang membuat suatu ide bisnis berhasil
                 2. Menilai kemampuan pribadi serta pengalamannya sebagai pengusaha
                 3. Mengidentifikasi sebanyak mungkin ide bisnis yang potensial untuk di kembangkan
                 4. Menganalisa serta memilih ide bisnis yang paling sesuai dengan dirinya


Tugas 2


1. Bisnis Skin Laptop : Kemajuan teknologi sering dijadikan sebagai peluang besar untuk menjalankan usaha. Apalagi bagi kaum muda seperti para mahasiswa, kemajuan teknologi membantu mereka untuk berkreasi memunculkan kreatifitas yang mereka butuhkan. Salah satu contoh mahasiswa yang telah menggunakan kemajuan teknologi dan kreatifitasnya untuk memulai bisnis untuk mahasiswa adalah Dzikri Robby. Mahasiswa IPB ini berhasil menjalankan bisnis untuk mahasiswa dengan membuka salon laptop yang membuat penutup atau skin laptop yang unik dan menarik.
Saat ini pengguna laptop semakin hari semakin meningkat, hal ini dijadikan sebagai peluang yang menguntungkan bagi usaha Robby. Tampilan laptop yang semula hanya biasa sesuai standar pabrik yang memproduksinya, mampu diubah Robby menjadi lebih menarik dan tampil beda sesuai keinginan para pemiliknya dengan menggunakan skin laptop.
Konsumen
Minat konsumen akan skin laptop kebanyakan dari kalangan anak muda. Karena pengguna laptop sebagian besar adalah anak muda, selain itu mereka cenderung lebih kreatif dan cepat merasa bosan dengan tampilan laptop yang biasa. Keadaan ini sangat menguntungkan pelaku bisnis skin laptop yang saat ini sudah banyak bermunculan.
Produk
Produk skin laptop yang ditawarkan memiliki desain yang unik dan kreatif, maka tak heran jika banyak konsumen tertarik dengan produknya. Selain Ia menyediakan katalog skin laptop yang beragam, usaha milik Robby juga menerima pembuatan skin laptop dengan desain yang dimiliki para konsumen. Jadi para konsumen bisa memilih dua pelayanan, yaitu memakai desain yang sudah tersedia dari katalog atau memakai desain yang telah mereka miliki.
Harga skin laptop yang ditawarkan pun juga beragam, disesuaikan dengan besar ukuran dan tingkat kesulitan desain yang diminta para konsumen. Untuk ukuran laptop 14 inch harga yang ditawarkan yaitu Rp 50.000,00, laptop 12 inch seharga Rp 45.000,00 sedangkan untuk ukuran laptop atau notebook ukuran 10 inch dibandrol dengan harga Rp 35.000,00. Harga – harga tersebut adalah harga standar untuk pembuatan skin langsung. Jika Robby harus mengedit desain yang dibawa konsumen, ada tambahan biaya editing yang harus dibayar konsumen. Biasanya Robby menambahkan beban biaya sekitar Rp 5.000,00 sampai Rp 20.000,00 sesuai dengan tingkat kesulitan editing danlama waktu pengerjaan editing.
Banyak konsumen memilih untuk menggunakan skin laptop karena selain memberikan keunikan dan menghilangkan rasa bosan dengan bentuk tampilan laptop yang mereka miliki, ternyata skin laptop juga juga dapat melindungi laptop dari goresan.
Pemasaran
Dalam menjalankan bisnisnya Robby mulai memasarkannya dari mulut ke mulut. Jadi bagi konsumen yang berada di Bogor bisa datang langsung ke salon laptop yang dimilikinya. Sedangkan untuk menjangkau pasaran yang lebih luas, Robby menggunakan jasa internet untuk mempromosikan produknya. Dari promosi melalui internet, Ia sudah berhasil melayani permintaan konsumen dari berbagai kota.
Hanya dengan bermodalkan satu laptop dari kamar kost, seorang mahasiswa bisa berhasil menjalankan bisnis sampingannya dengan omset per bulan mencapai satu juta rupiah. Semoga dengan artikel “ Skin laptop menjadi ide bisnis mahasiswa ” dapat menjadi inspirasi bagi Anda khususnya para mahasiswa untuk mulai mencoba bisnis dari sekarang. Salam sukses.
( Sumber : Majalah Ide Bisnis edisi bulan Juni 2010 )

2. Bisnis Ikat pinggang, salah satu aksesori yang nyaris tidak pernah sepi permintaan. Terutama, untuk kaum wanita. Mereka kini cenderung memilih ikat pinggang yang terbuat dari bahan baku alami seperti, ikat pinggang dari batok kelapa.
Aksesori ini tetap memiliki peluang tinggi. Terbukti permintaannya, baik di pasar dalam maupun luar negeri tetap ramai.
‘’Aksesori ikat pinggang dari batok kelapa nyaris tidak pernah sepi peminat. Untuk ekspor saja rata-rata di atas 3.000 pcs per bulan, dengan tujuan paling banyak ke negara Eropa.
Aneka kerajinan seni yang dibuat dari bahan baku batok kelapa, sampai saat ini permintaannya masih ramai di pasar mancanegara.
Beberapa negara di Uni Eropa seperti Inggris tercatat sebagai negara pengimpor paling banyak untuk mata dagangan kerajinan tersebut. Kondisi ini membuat perolehan devisa dari produk kerajinan seni lumayan besar.
‘’Aneka kerajinan dari batok kelapa seperti perabotan rumah tangga dan aksesoris, permintaannya selama ini lumayan ramai. Pengiriman paling banyak ke negara Uni Eropa,’’ ujar Suardana, perajin asal Singaraja yang memiliki toko seni di Sukawati.
Dijelaskannya, batok kelapa selama ini bisa diolah menjadi aneka kerajinan yang memiliki nilai dan ekonomi tinggi. Tempurung kelapa tersebut sejak lama telah dijadikan aneka kerajinan seni, yang berhasil memikat banyak hati konsumen, khususnya mancanegara. Perabotan rumah tangga seperti piring, tempat minum dan lain-lain banyak dibuat dari bahan tempurung kelapa.
Dengan bentuknya yang klasik dan unik, karena dibuat dari bahan alami, membuat konsumen tertarik memilikinya. Bukan saja dalam bentuk perabotan rumah tangga, tetapi juga dalam bentuk aksesoris seperti ikat pinggang, kalung dan lain-lain.
‘’Tempurung kelapa bisa dijadikan aneka barang seni yang menarik, sekaligus memiliki nilai ekonomi tinggi,’’ tutur Suardana, sambil menambahkan, bahan baku batok kelapa tersebut sejatinya gampang diperoleh. Hanya saja, pemanfaatan batok kelapa juga cukup banyak seperti untuk arang. Akhirnya pasokan bahan baku juga kini sudah mulai terbatas jumlahnya.
Kadir, perajin aksesoris batok kelapa lainnya juga mengakui, ikat pinggang dari batok kelapa selama ini laris di pasar mancanegara. Ia mengirim 6.000 pcs ikat pinggang untuk mitra bisnisnya di luar negeri seperti Thailand.
Belum lagi untuk pasar dalam negeri,’’ ujar Wahyudi, perajin asal Grokgak Singaraja yang membuka toko seni di Sukawati. Dikemukakan, selain dibuat dari bahan alami, ikat pinggang batok kelapa juga memiliki nilai seni yang tinggi. Mengingat, proses pembuatannya memiliki ketelitian dan kerumitan yang tinggi pula.
Terutama yang ada nilai seni Bali-nya seperti ukiran. Karena dengan adanya ukiran ciri khas Bali-nya tampak jelas, sekaligus merangsang pembeli.
‘’Terlebih lagi, setelah melihat orang yang memakainya, tentu menjadi lebih bertambah cantik,’’ terang Wahyudi sambil menambahkan, beberapa negara Eropa seperti Prancis, Jerman, Belanda dan Itali kini sudah menjadi pelanggan tetapnya untuk aneka aksesori dari batok kelapa.
Sementara untuk permintaan secara cangkingan, minimal laku 30 pcs tiap hari, yang sebagian besar pembelinya wisatawan domestik maupun mancanegara.
‘’Pelajar dan mahasiswi juga banyak memakai ikat pinggang dari batok kelapa, karena memang bagus dan indah dipandang mata,’’ ujar Sunarti, istri Wahyudi.
Dijelaskan, selain aksesori berupa ikat pinggang, kalung dan jepit rambut yang juga dibuat dari bahan yang sama juga disukai konsumen. Namun, permintaannya tidak sebanyak aksesori ikat pinggang.
Harga ikat pinggang mulai Rp 45.000 sampai Rp 65.000 per pcs. Sedangkan yang berupa cincin dan kalung harganya bervariasi mulai Rp 10.000 sampai Rp 25.000 per pcs
Sumber  & gambar : Bisnis Bali online dan indonetwork.co.id


3.Usaha Warnet  -> mengapa? Karena dalam usaha warnet kita hanya membutuhkan modal yang cukup dan ketekunan dalam melayani pelanggan.Sebab dalam kesehariannya usaha ini membutuhkan pengerjaan, dan pengawasan dari pihak terkait usaha ini.Memang dalam usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar, apalagi di tambah kita juga harus membayar bulanan listrik dan tagihan telpon, dan mungkin jg jika menyewa tempat maka harus bayar sewanya.Tetapi jangan salah, dalam usaha warnet ini kita dapat mendapatkan keuntungan yang seimbang dengan biaya yang kita keluarkan.Tapi dalam hal ini banyak aspek yang harus kita perhatikan, misalnya lokasi warnet, kebutuhan masyarakat terhadap warnet di daerah tersebut, keindahan gedung, tariff harga yang sesuai dengan keadaan.Kelebihan: - dalam usaha warnet kita tidak hanya menyewakan computer dan jasa saja, tetapi kita juga dapat menjual  jasa print,scanner, burning, dan lain lain.Kekurangan: -Membutuhkan pengelolaan yang baik, karena segala hardware harus di jaga dengan baik.

             

4.Usaha Peternakan -> dalam usaha ini anda memiliki tujuan merawat hewan ternak dan menjualnya kembali dalam keadaan yang lebih baik.Atau mungkin anda menjual dari hasil ternak itu, misalnya seperti susu sapi atau semacamnya.Dalam keadaan ini anda di tuntut untuk memiliki keuletan yang luar biasa, serta pengalaman ternak yang cukup, jika tidak maka anda akan mengalami permasalahan atau kerugian yang besar.Usaha ini membutuhkan banyak tenaga kerja, tetapi di sesuaikan dengan penghasilan ternak rata-rata.Kelebihan: - menyerap banyak tenaga kerja jika sudah menjadi usaha besar.Kekurangan: -membutuhkan lahan dan supply makanan ternak yang banyak dan cukup.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

saya hanya seorang manusia yang sedang belajar membuat blog saran dan kritik tolong ya hehe